Website Resmi SD Latihan YBBSU Balikpapan

SD Latihan YBBSU Balikpapan Kota Menuju Adiwiyata Mandiri

 Setelah berhasil meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2013 lalu, SD Latihan YBBSU Balikpapan Kalimantan Timur dihadapkan tantangan untuk selalu berbenah dan mempersiapkan diri menuju sekolah Adiwiyata Mandiri. Diantara tugas dan tanggung jawab menuju sekolah Adiwiyata mandiri,  adalah harus mengimbaskan program sekolah Adiwiyata pada 10 sekolah lainnya.

“Saat ini ada sekitar 10 Sekolah yang telah menjadi binaan SD Latihan YBBSU, yang terdiri dari sekolah dasar itu ada yang telah meraih predikat Adiwiayata Nasional, Provinsi dan tingkat Kota” demikian dikatakan oleh Ibu Novayanti, S.T., S.Pd., selaku Kepala SD Latihan YBBSU Balikpapan.

Beliau menambahkan, ada empat program yang diimbaskan kepada sekolah binaan menuju adiwiyata mandiri tersebut diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan, agar sekolah binaan visi, misi dan tujuan sekolah harus mengacu kepada kegiatan berwawasan lingkungan.
Program kedua lanjutnya, mengimplementasikan pada pembelajaran tentang wawasan lingkungan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru dan media pembelajaran yang digunakan dikelas harus mengacu pada kegiatan berwawasan lingkungan.

Dan yang tidak kalah pentingnya program partisipatif semua elemen, orang tua, komite masyarakat dan pemerintah dan lainnya, disini sekolah dituntut untuk menjalin kerjasama dengan dinas atau instansi terkait seperti dinas pertanian, dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup serta lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

“Sarana dan prasarana pendukung, masing masing sekolah adiwiyata harus punya bak sampah yang terpisah antara organik dan non organik serta pengelolahan sampah sendiri seperti bank sampah. Memiliki areal hijau atau green garden, tanaman obat keluarga (toga), penghijauan, galeri barang bekas, pengomposan, bioferi, sumur resapan dan penampungan air,” katanya lagi.

Untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri itu lanjutnya, tidaklah mudah dan hal tersebut perlu mendapat dukungan dan kerjasama seluruh pihak yang terkait, baik antara warga sekolah dan masyarakat sekitar, serta pembinaan dari dinas terkait diantaranya BLH dan Dinas Pendidikan akan sangat menentukan pada penilaian nantinya.

Tinggalkan komentar